7 Tips Membuat Parcel Lebaran yang Unik dan Menarik

 

7 Tips Membuat Parcel Lebaran yang Unik dan Menarik

Parcel Lebaran

    Parcel  selalu menjadi sesuatu yang menarik di momen lebaran. Bagaimana tidak, berkirim parcel sudah menjadi salah satu tradisi dari lebaran itu sendiri. Tidak harus selalu membeli, Anda juga bisa membuat parcel sendiri di rumah. Ini akan memberi Anda pengalaman yang baru di hari lebaran nanti. 

Parcel lebaran yang dibuat sendiri tentunya akan lebih baik dan bisa Anda buat sesuai dengan masing-masing penerimanya. Ini akan menjadi jauh lebih istimewa, jika dibandingkan dengan ketika Anda membeli parcel yang sudah jadi. Pastikan Anda membuat parcel ini dengan tepat, agar cantik dan tampak menarik. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat isi parcel lebaran sederhana yang terbaik:

1. Tentukan tema

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tema parcel yang akan dibuat nanti. Hal ini akan menjadi salah satu penentu dari langkah-langkah berikutnya. Hindari tema yang rumit dan mungkin sulit untuk dibuat, apalagi jika Anda baru akan membuat parcel untuk pertamakalinya. Terkadang parcel yang sederhana juga akan terlihat menarik, jika ditata dengan baik.

2. Pilih barang yang tepat

Pilihlah isi parcel yang tepat dan sesuai dengan penerimanya. Hal ini akan membuat parcel tersebut bisa memberikan manfaat terbaik untuk yang menerima. Anda bisa mempertimbangkan barang-barang apa saja yang kemungkinan dibutuhkan dan akan berguna. Jangan lupa untuk menyesuaikan isi parcel ini dengan budget Anda juga. 

3. Sesuaikan dengan wadahnya

Pastikan Anda juga memilih wadah yang tepat sebagai tempat parcel ini. Tidak harus selalu menggunakan karanjang, wadah lainnya seperti paper bag juga bisa menjdi pertimbangan. Pilih dan sesuaikan wadah parcel ini dengan isinya, agar bisa ditata dengan cantik dan menarik. Selain itu, wadah ini juga harus bisa memuat isi parcel dengan baik. 

4. Gunakan dekorasi/ hiasan yang sesuai

Jangan lupa untuk memilih hiasan yang tepat untuk parcel yang akan dibuat. Ada banyak pernak-pernik hiasan yang bisa dibeli atau bahkan dibuat sendiri. Pita merupakan salah satu hiasan yang paling umum dan bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan. Selain praktis, pita juga akan membuat parcel terlihat lebih cantik dan menarik. 

5. Siapkan peralatan yang diperlukan

Sebelum mulai membungkus parcel, Anda harus menyiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Ada beberapa peralatan yang lazim digunakan, antara lain: gunting, cutter, selotip, lem, plastik pembungkus, dan yang lainnya. Peralatan yang sudah lengkap seperti ini akan mempermudah Anda dalam membuat parcel tersebut. 

6. Tata dengan baik

Mulailah membuat parcel dengan menata satu persatu barang yang akan dijadikan isian. Tempatkan barang yang berat di bagian bawah, terutama jika Anda akan membuat parcel berisi minuman atau makanan lainnya. Tata satu persatu isian parcel dengan baik dan gunakan selotip atau lem untuk membuatnya berdiri dengan baik di dalam wadah. Lakukan hal ini hingga semua isi parcel masuk ke dalam wadah.

7. Pastikan isi parcel aman

Sebelum membungkas parcel dengan menggunakan plastik, pastikan semua barang sudah aman. Artinya, setiap barang berada pada posisi yang tepat dan tidak bergerak ketika parcel digoyang atau dipindahkan. Hal ini akan memungkinkan parcel tetap cantik ketika dikirimkan nanti. 

Lakukan langkah di atas untuk membuat isi parcel lebaran sederhana yang cantik dan menarik untuk dikirimkan kepada kerabat saat lebaran nanti.

Baca juga: 9 Ide Hampers Lebaran Unik untuk Keluarga dan Sahabat


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *