Hadist Tentang Kebersihan dan Pentingnya Menjaga Kebersihan dalam Islam

Pernahkah Anda mendengar hadist “Kebersihan merupakan sebagian dari iman”? Bagi orang Muslim, hadist nabi tersebut mungkin sudah melekat di telinga. Menjaga kebersihan sangatlah penting bagi semua orang. 

Lingkungan yang bersih akan membuat hati menjadi bersih pula. Selain hadist tadi, ada banyak sekali hadist tentang kebersihan yang disampaikan dan juga dijelaskan pula di dalam Al-Qur’an.

Pada dasarnya, menjaga kebersihan adalah suatu tanggung jawab bagi semua orang. Namun, sebagai Muslim yang taat, penting sekali menjaga kebersihan. 

Menjaga kebersihan merupakan salah satu bentuk keimanan seseorang. Lantas, seberapa pentingnya menjaga kebersihan yang harus dilakukan oleh seorang Muslim? Berikut ini adalah penjelasan beserta hadistnya.

Menjaga Kebersihan Bagi Seorang Muslim

Menjaga kebersihan bagi seorang Muslim merupakan salah satu hal yang penting. Pasalnya, ketika akan melakukan ibadah, tempat yang digunakan haruslah dalam keadaan bersih. 

Tak hanya tempat saja, hati dan pikiran juga harus bersih dan niat karena Allah Ta’ala.  Dalam agama Islam, Allah telah memberikan penjelasan mengenai seberapa pentingnya bagi umat muslim menjaga kebersihan.

  • Awal dari Hidup yang Sehat

Menjaga kebersihan merupakan salah satu modal awal untuk hidup sehat. Hidup yang sehat diawali dengan lingkungan yang bersih serta hati yang bersih. 

Hal ini sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an Surah Al-Maidah ayat 6, Allah berfirman yang artinya “Allah tidak ingin menjadikan kamu susah tetapi Dia ingin menyucikan kamu dan menyempurnakan nikmatNya kepadamu semoga kamu bersyukur.”

Secara sederhanya, ketika Anda tinggal di lingkungan yang bersih, rumah ynag bersih dan hati yang bersih, Anda tentu akan merasakan nyaman. Berbeda dengan ketika Anda tinggal di lingkungan yang kotor, selain hati menjadi tidak tenang, lingkungan yang kotor juga sumber dari bersarangnya kuman sehingga bisa mengganggu kesehatan Anda.

  • Bagian dari Iman

Sebagaimana disebutkan di Hadist Rasulullah yang diriwayatkan oleh Muslim bahwa suci itu bagian dari iman (HR.Muslim). Menjaga kebersihan sama halnya menjaga keimanan. Kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan. 

Orang-orang yang menjaga kebersihan termasuk ke dalam golongan orang-orang yang beriman. Menjaga kebersihan dimaksudkan juga supaya seseorang hidup dengan sehat. 

Agama Islam merupakan agama yang sangat indah, Allah telah memberikan pedoman bagaimana untuk hidup dengan baik yakni dimulai dengan menjaga kebersihan.

  • Menjaga Adab Kesopanan

Menjaga kebersihan tidak hanya dilakukan di lingkungan tempat tinggal seperti di lingkungan rumah saja. Sebagai manusia dan makhluk yang bersosial, manusia juga harus menjaga kebersihan dimanapun termasuk ketika beribadah di masjid atau ketika Anda bertamu ke tempat orang lain. 

Senantiasa menjaga kebersihan juga sama halnya menjaga adab kesopanan. Manusia mengontrol diri dari melakukan hal-hal yang tidak baik. 

Salah satu contoh dari menjaga adab kesopanan ketika menjaga kebersihan yaitu tidak meludah dimasjid. Masjid sebagai tempat untuk beribadah kepada Allah SWT tentu harus dijaga kebersihannya supaya tetap suci. 

Hal ini merujuk pada hadist Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda “meludah di masjid adalah dosa, dan kafarat (taubat)nya adalah dengan menanam ludah itu”. Ludah merupakan salah satu sumber sarang dari penyakit sehingga ketika Anda tidak diperbolehkan untuk meludah di tempat yang sembarangan. Terlebih ketika memasuki masjid.

  • Menjaga Kesehatan

Menjaga kebersihan merupakan salah satu bagian dari menjaga kesehatan. Lingkungan yang bersih akan membuat hati menjadi bersih dan tubuh menjadi sehat. 

Menjaga kebersihan dan kesehatan sangatlah penting dilakukan. Hal ini tidak hanya dilakukan oleh seorang Muslim saja, tetapi penting dilakukan oleh semua orang.

Baca juga: 5 Hadits Tentang Sabar Yang Perlu Diteladani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *