5 Cara Sabar dan Bersyukur Beserta Ayat Al-Qur’an

5 Cara Sabar dan Bersyukur Beserta Ayat Al-Qur’an Bagi Muslim, Baca di Sini!

Sumber: Kampus Itah News

Kehidupan yang dijalani setiap orang tidak selalu berjalan mulus, melainkan ada berbagai masalah dan cobaan di setiap harinya. Dalam ajaran Islam, kita perlu menerapkan rasa sabar dalam menghadapi berbagai masalah dan cobaan yang dihadapi.

Kita juga dianjurkan untuk selalu bersyukur atas karunia yang diberikan kepada Allah SWT dalam kehidupan kita. Berikut ini terdapat cara sabar dan bersyukur yang perlu Anda terapkan serta adapun ayat suci Al-Qur’annya, yaitu:

Niat Sabar karena Allah

Sumber: Viva

Segala hal yang ingin kita perbuat di dunia, baik hal besar maupun kecil, harus diniatkan karena Allah. Jadi, jika Anda ingin lebih bersabar, Anda perlu niatkan karena Allah, sehingga kesabaran dalam menghadapi berbagai masalah di dunia akan muncul.

Perbanyak Membaca Al-Qur’an

Sumber: Detiknews

Bagi orang muslim, kita perlu meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur’an setiap harinya. Dengan begitu, hati Anda akan terasa tenang dan kesabaran pun akan muncul dari dalam diri Anda. 

Oleh karena itu, Anda perlu memperbanyak membaca Al-Qur’an lebih sering, kalau bisa setiap hari. Semakin sering membaca Al-Qur’an, Anda akan semakin tenang.

Berpuasa

Sumber: CNN Indonesia

Jika Anda ingin lebih sabar menahan amarah yang termasuk ke dalam hawa nafsu, maka Anda bisa lakukan puasa. Dengan berpuasa, Anda akan mengasah kesabaran dan harus menahan hawa nafsu, jadi Anda akan terbiasa untuk bersikap sabar.

Baca juga: Pengertian Ekonomi Syariah

Mengingat Nikmat dari Allah SWT

Sumber: Republika

Setiap hal yang terjadi dalam hidup Anda perlu disyukuri, baik berupa kebahagiaan maupun kesulitan. Sebab Anda perlu percaya semua yang terjadi atas kehendak Allah pasti ada hikmah dibaliknya, terutama masa kesulitan yang Anda alami.

Serta Anda juga perlu percaya bahwa Allah maha membolak-balikkan situasi yang terjadi, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir akan kejadian yang menimpa Anda. Anda bisa mulai bersyukur dengan mengingat segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Merasa Cukup dalam Menjalani Hidup

Sumber: Fajar Papua

Sifat dasar manusia memang sulit sekali merasa puas, karena jika sudah mendapatkan suatu hal, maka ingin mendapatkan hal lain yang lebih dari sebelumnya. Padahal sebagai orang Islam, kita perlu merasa cukup untuk menjalani hidup sebagai tanda rasa bersyukur.

Selain itu, kita juga harus menjadi seorang muslim yang qana’ah atau merasa cukup dengan apa yang dimiliki tanpa perlu memandang milik orang lain.

Ayat Al-Qur’an Tentang Sabar dan Bersyukur

Sumber: CNBC Indonesia

Adapun ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang sabar dan rasa bersyukur akan kehidupan yang dijalani, yakni:

Surat Ibrahim Ayat 7, Allah akan menambahkan kenikmatan bagi siapapun yang bersyukur

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

“Wa iż ta`ażżana rabbukum la`in syakartum la`azīdannakum wa la`ing kafartum inna ‘ażābī lasyadīd.”

Artinya: Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

Surat Al Baqarah ayat 153

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِين 

“Yā ayyuhallaziina aamanusta’iinu bis-sabri was-salaah, innallaaha ma’as-saabiriin“

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Itulah ulasan mengenai cara bersabar dan bersyukur dalam ajaran agama serta ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang sabar dan bersyukur. Apakah Anda sudah paham dengan pembahasan diatas?

Baca juga: Cara Mendidik Anak Secara Islami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *