Gunung Paling Tinggi di Indonesia yang Wajib Kamu Daki

Gunung Paling Tinggi di Indonesia yang Wajib Kamu Daki, Cek di Sini!

Sumber: IDN Times

Tentunya kita semua sudah tahu bahwa Negara Indonesia dikelilingi oleh pegunungan-pegunungan yang menjulang tinggi. Sehingga tak heran jika Indonesia dinobatkan sebagai salah satu Negara dengan pegunungan terbanyak di dunia.

Bahkan, tak sedikit para pendaki dari berbagai belahan Negara yang telah merasakan keindahan gunung-gunung di Indonesia lho. 

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas gunung tertinggi di Indonesia untuk didaki. Maka dari itu simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.  

1. Gunung Rinjani (Nusa Tenggara Barat) 

Sumber: Travel Kompas

Siapa sih yang tidak kenal dengan Gunung Rinjani? Tentu saja kita semua sudah sangat mengenal betul dengan gunung yang keindahannya bagaikan surga duniawi ini. 

Gunung Rinjani itu sendiri memiliki ketinggian sekitar 3.726 mdpl yang lokasinya berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Disini kamu akan menjumpai kaldera seluas 3500 x 4800 meter yang mempunyai segara (gabungan laut dan danau), dimana bagian tengahnya memiliki luas 11.000.000 meter persegi dengan kedalaman 230 meter. 

Selain masuk kedalam daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Rinjani juga menempati urutan ke-2 sebagai gunung vulkanik terindah di Indonesia lho. Itu sebabnya, mengapa Gunung Rinjani selalu menjadi favorit bagi para pendaki lokal maupun asing. 

Menurut informasi yang didapat, setidaknya ada empat jalur pendakian yang bisa kita lalui untuk bisa mencapai ke Gunung Rinjani. Adapun mengenai keempat jalur yang dimaksud diantaranya adalah:

  • Jalur Timbanuh (Lombok Timur)
  • Jalur Sembalin (Lombok Timur)
  • Jalur Aik Berik (Lombok Tengah)
  • Jalur Senaru (Lombok Utara)

2. Gunung Sanggar (Nusa Tenggara Barat) 

Sumber: Akurat.co

Masih dari kawasan Nusa Tenggara Barat, dimana Gunung Sanggar juga merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang menjadi favoritnya bagi para pendaki. Bahkan, lokasi Gunung Sanggar ini cukup berdekatan dengan Gunung Rinjani. 

Gunung Sanggar memiliki ketinggian sekitar 3.492 mdpl yang benar-benar menyuguhkan pesona alam menakjubkan. 

Baca juga: Tempat Wisata Hits di Malang

3. Gunung Rantemairo (Sulawesi Selatan)

Sumber: Tribun Timur

Gunung Rantemairo ini berada di kawasan pegunungan Latimojong barat yang masih termasuk kedalam kawasan Tana Toraja. Keunikan dari Gunung Rantemairo ini adalah bagian puncaknya yang datar. Itu artinya, Gunung Rantemario bukan termasuk kedalam jenis gunung berapi. 

Akan tetapi, akses untuk menuju ke Gunung Rantemairo memang tergolong cukup sulit. Meski demikian, semua rasa lelahmu akan terbayar kontan dengan keindahan pesona alamnya ketika sudah berada di puncak Gunung Rantemairo.

4. Gunung Semeru (Jawa Timur)

Sumber: Surabaya Liputan6.com

Lokasi Gunung Semeru ini berada diantara Kabupaten Malang dan Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Di Gunung Semeru terdapat sebuah kawah bernama Jonggring Saloko yang kerap mengeluarkan gas beracun di bagian puncaknya. 

Tak hanya itu, Gunung Semeru juga dikelilingi oleh empat kawasan hutan belantara yang bernama Dipterokarp Bukit, Dipterokarp Atas, Montane, dan Ericaceoous (hutan gunung). 

Bahkan yang lebih menariknya lagi, disini kamu akan menemukan kekayaan flora unik khas Semeru, seperti pohon akasia, cemara, pinus, efelwis putih, anggrek endemik, dan masih banyak lagi. Terdapat pula beragam fauna yang bisa kamu jumpai, mulai dar kijang, luwak, kancil, bundeng, dan lain sebagainya. 

Menurut para ahli geografi, menyebutkan bahwa Gunung Semeru mempunyai type iklim B dan ferguson yang memiliki curah huan sebanyak 927 mm hingga 5.498 per tahun. Jika kamu ingin mendaki Gunung Semeru, maka harus dilengkapi dengan peralatan pendakian hingga kebutuhan domestik.  

Baca juga: 5 Stik Golf Termahal di Dunia Beserta Harganya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *