Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia Adalah Papua, Seberapa Banyak?

Sumber: Tribun

Daerah penghasil emas terbesar di Indonesia identic dengan hasil yang luar biasa. Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal memiliki cadangan emas dengan jumlahnya yang sangat besar. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa daerah di Indonesia yang menghasilkan emas dalam jumlah yang banyak. Seperti yang diketahui, daerah yang paling banyak berkontribusi dalam menghasilkan emas adalah Papua. Berikut Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia Adalah Papua antara lain :

Mimika, Papua

Sumber: Liputan6.com

Pada umumnya Papua dikenal sebagai daerah penghasil tambang terbesar di Indonesia. Salah satu produk tambang yang dihasilkan oleh daerah ini adalah emas. Papua mulai menghasilkan emas melalui bisnis pertambangan yang terletak di kabupaten Mimika, provinsi Papua, Indonesia. Proses penambangan emas di Papua telah mendapatkan dukungan dari PT. Freeport Indonesia. Selain menghasilkan emas dengan kualitas terbaik, pertambangan yang terletak di kabupaten Mimika, Papua ini dikenal sebagai pertambangan terbesar di dunia. 

Sejarah Pertambangan Emas di Papua

Sumber: Anadolu Agency

Seperti yang diketahui, bahwa Papua memiliki pertambangan terbesar di dunia yang bernama pertambangan Grasberg. Pertambangan ini ditemukan ketika memasuki era  kolonialisme. Pada tahun 1930, para penjajah dari Belanda menemukan sebuah ladang tembaga di daerah Jayawijaya. Sehingga di tahun 1973, Freeport mulai membangun sebuah pertambangan di sana. Berkat itulah Papua memulai masa kejayaannya sebagai penghasil emas terbesar di Indonesia sejak tahun 1996. 

Jumlah Cadangan Emas di Papua

Sumber: Liputan6.com

Indonesia dikenal sebagai negara yang berhasil menduduki peringkat ke lima dengan negara yang memiliki cadangan emas terbesar di dunia. Hal tersebut dikarenakan Indonesia memiliki banyak daerah dengan cadangan emasnya yang melimpah. Salah satu daerah yang memiliki cadangan emas terbesar di Indonesia adalah Papua. Dengan berada di bawah naungan PT. Freeport Indonesia, daerah Papua berhasil memiliki cadangan emas  sebesar 1, 87 miliar ton. Karena itulah Papua dinilai sebagai daerah yang menunjang jumlah penghasilan emas Indonesia.

Negara Yang Melakukan Ekspor Emas di Papua

Sumber: Boombastis

Papua dikenal sebagai salah satu daerah Indonesia yang menghasilkan emas dengan jumlahnya yang cukup besar. Emas – emas yang dihasilkan oleh Papua juga dinilai memiliki kualitas terbaik. Karena itulah ada beberapa negara yang melakukan ekspor emas di Papua seperti negara Jepang, Filipina, Spanyol, Korea Selatan, dan Singapura. 

Proses Eksplorasi Emas di Papua

Sumber: JadiBerita.com

Emas yang dihasilkan oleh daerah Papua dikenal memiliki kualitas yang baik. Hal tersebut dikarenakan daerah Papua melakukan proses eksplorasi emas dengan benar dan sungguh – sungguh. Eksplorasi emas yang dilakukan di Papua terkenal modern sekaligus kekinian. Karena itulah eksplorasi emas yang dilakukan terkenal cepat, namun memiliki hasil yang berkualitas.

Luas Pertambangan Emas di Papua

Sumber: Nawacita.com

Salah satu daerah penghasil emas terbesar di Indonesia adalah Papua. Daerah Papua memang dikenal sebagai daerah  yang banyak memproduksi emas dan tembaga. Papua sendiri memiliki sebuah pertambangan yang menempati posisi terbesar di dunia. Daerah ini memiliki pertambangan Grasberg dengan ukurannya yang sangat luas. Pertambangan ini memiliki luas yang mencapai 1.000 meter lebih. Tidak heran apabila pertambangan Grasberg dapat menghasilkan banyak emas di setiap tahunnya. 

Hasil Emas Yang Diperoleh Papua

Sumber: Quora

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Emas merupakan jenis sumber daya alam yang dicari oleh banyak orang. Indonesia memiliki berbagai daerah yang memproduksi emas. Salah satunya adalah Papua. Daerah ini sangat terkenal dengan tembaga dan emasnya. Papua menjadi daerah yang memiliki banyak kontribusi dalam meningkatkan jumlah emas Indonesia. Papua berhasil menghasilkan emas sebanyak 240 kilogram emas murni di setiap harinya. 

Emas merupakan logam mulia yang sering digunakan sebagai bahan untuk membuat perhiasan. Daerah penghasil emas terbesar di Indonesia adalah Papua.

Baca juga: Indonesia Memiliki Kapal Induk, Hoax atau Tidak?

Sumber: https://beritanakmuda.com/