ide-bisnis-rumahan-yang-menguntungkan

SUANETIZEN.com – Tidak sedikit jumlah orang yang sukses di dunia karena memiliki usaha atau bisnis sendiri. Sehingga tidak heran jika setiap orang akan selalu menginginkan untuk memiliki usaha sendiri. Usaha rumahan merupakan salah satu bentuk usaha yang sekarang ini banyak dijalani orang. Usaha rumahan bisa didefiniskan sebagai bentuk bisnis atau usaha yang bertempat di rumah sendiri atau pemilik bisnis. Bisnis rumahan tidak hanya nyaman karena dijalankan di rumah saja, tetapi juga sering dipandang sebagai salah satu usaha yang menguntungkan. Karena jenis bisnis ini biasanya tidak memerlukan modal yang besar ketika memulai.

Umumnya saat seseorang ingin membangun dan menjalankan usaha, biasanya yang menjadi kendalanya adalah tidak memiliki modal. Selain itu juga tidak sedikit orang yang kebingungan dalam menentukan jenis usaha rumahan yang akan dijalaninya. Tetapi tidak perlu khawatir karena sebenarnya ada banyak usaha rumahan yang hanya memerlukan sedikit modal tetapi menguntungkan. Berikut beberapa ide bisnis rumahan yang menguntungkan tersebut:

1. Laundry

Untuk membuka usaha laundry tidak diperlukannya keahlian khusus, karena yang dibutuhkan hanya mesin cuci dan beberapa peralatan, misalnya saja setrika hingga pewangi. Membuka usaha laundry di rumah cukup menjajikan, terlebih lagi bagi kamu yang memiliki tempat strategis. Misalnya saja di lingkungan kampus, sekolah, dan perkantoran. 

2. Jual Pulsa

Sekarang ini hampir setiap orang sudah memiliki dan menggunakan handphone atau gadget sebagai media komunikasi. Sehingga menyebabkan semakin tingginya kebutuhan akan pulsa atau internet. Sehingga tidak ada salahnya kamu membuka jenis usaha rumahan yang satu ini. Usaha menjual pulsa tidak hanya mudah, tetapi juga menguntungkan. 

3. Warung Makan

Salah satu kebutuhan dasar setiap manusia adalah makan dan minum. Sehingga pastinya setiap orang akan selalu membutuhkan makanan. Sehingga membuka warung makan bisa menjadi salah satu jenis usaha rumahan yang paling menjanjikan. Jadi saat kamu memiliki bakat memasak, bisa juga dengan mencoba membuka warung makan. Untuk menentukan jenis makanan yang akan dijual, sebaiknya kamu menentukan terlebih dahulu lingkungan sekitar. 

Jika lokasi tempat tinggalmu dekat dengan kampus atau sekolah, maka sesuaikan jenis makanan yang disukai para pelajar dan mahasiswa. 

4. Beternak Lele

Beternak ikan lele juga bisa menjadi usaha rumahan yang menguntungkan. Usaha berternak lele ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki pekarangan rumah yang lebar, sehingga kamu bisa memanfaatkan tanah ini untuk membuat kolam ikan. Untuk membuka usaha ternak lele ini tidak diperlukan banyak modal, selain itu juga bisa dibilang mudah untuk menekuninya. Beternak lele juga sekarang sangat menguntungkan, karena hampir setiap warung makan saat ini membutuhkan pasokan ikan lele. Sehingga bertenak lele bisa menjadi salah satu jenis usaha rumahan yang menguntungkan. 

5. Cuci Sepatu 

Jasa cuci sepatu merupakan salah satu jenis usaha rumahan yang juga memerlukan modal sedikit. Jenis usaha yang satu ini hampir sama dengan laundry, tetapi usaha cuci sepatu lebih sederhana. Pasalnya yang kamu perlukan hanya sikat sepatu, cairan pembersih, serta beberapa peralatan lainnya. Untuk menjalankan usaha ini juga tidak diperlukannya pertimbangan situasi dan kondisi di lingkungan. Jika lokasi tempat tinggalmu dekat dengan pusat kampus atau perkantoran, maka sangat cocok mengembangkan jenis usaha ini. Hanya dengan jumlah modal yang minim, usaha cuci sepatu ini bisa menjadi salah satu jenis usaha yang cukup menguntungkan. 

Nah, itu dia beberapa ide bisnis usaha rumahan yang dijamin akan menguntungkan dan hanya memerlukan modal yang sedikit saja. Tertarik untuk mencoba salah satunya?

Baca juga: 4 Ide Bisnis Kekinian dengan Peluang Besar, Berani Coba?