Cara Mengatasi Ciri-ciri Kulit Kusam

Cara Mengatasi Ciri-ciri Kulit Kusam, Coba Cara di Bawah Ini Yuk!

Sumber: Tribun Jabar

Timbulnya ciri-ciri kulit kusam baik pada wanita atau pria harus segera diatasi sebelum semakin parah. Di bawah ini adalah cara-cara untuk mengatasi kulit kusam.

Pilih Produk yang Cocok

Sumber: Cosmopolitan Indonesia

Produk yang paling penting untuk dimiliki dalam merawat kulit adalah sabun cuci muka. Untuk sabun cuci muka, pilihlah yang memiliki pH antara 4,7 – 5,7 membuatnya memiliki sifat asam yang lemah. 

Tapi kebanyakan masyarakat sengaja memilih sabun cuci muka dengan banyak busa karena berpikir akan lebih mampu membersihkan. Tapi sebenarnya pemikiran itu salah, sabun dengan sedikit busa lebih baik karena bisa menjaga kesehatan kulit.

Hindari Air Panas Ketika Cuci Muka

Sumber: Liputan6

Ketika mencuci muka dengan air panas, bukannya menghilangkan ciri-ciri kulit kusam, tapi malah sebaliknya. Air panas bisa membuat kehilangan minyak alami dan akhirnya menyebabkan iritasi juga kekeringan. 

Selain itu, penggunaan air panas bisa membuat pembuluh darah melebar dan berakhir dengan kulit memerah, walau hanya sementara. Karena itu gunakan air dingin ketika mencuci wajah. 

Rutin Melakukan Eksfoliasi

Sumber: CNN Indonesia

Ciri-ciri kulit kusam juga bisa disebabkan oleh sel kulit mati yang menumpuk. Karena itu, rutin melakukan eksfoliasi bisa membuat kulit menjadi lebih sehat dan cerah. 

Tapi sebaiknya eksfoliasi tidak dilakukan terlalu sering karena bisa membuat iritasi pada kulit. Kegiatan ini boleh dilakukan hanya satu sampai dua kali dalam satu pekan. 

Menggunakan Serum

Sumber: Suara.com

Serum adalah produk andalan yang bisa melawan ciri-ciri kulit kusam. Serum memiliki bahan untuk mencerahkan kulit dan bisa meningkatkan proses hidrasi juga. 

Serum adalah produk yang bisa dengan mudah menyerap ke dalam kulit, bisa juga dipakai dua kali sehari. Jika digunakan secara rutin maka bisa mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan.

Baca juga: Berbagai Jenis Alat Musik Gamelan

Gunakan Pelembab 

Sumber: Lifestyle Sindonews

Ketika kulit mengalami dehidrasi, maka cara untuk melawan ciri-ciri kulit kusam yang satu ini adalah dengan menggunakan pelembab. Ketika kulit memiliki kelembaban yang baik, maka wajah akan terlihat segar dan cerah. 

Ketika memilih pelembab maka cari yang bahan bakunya mengandung ceramide. Bahan ceramide ini bisa menarik air untuk masuk ke dalam epidermis supaya bisa mengencangkan kulit. 

Rutin Menggunakan Masker Wajah

Sumber: CNN Indonesia

Ketika menggunakan masker wajah secara rutin maka kulit kusam akan segera pergi. Cari masker yang memiliki kandungan asam hialuronat, antioksidan, Shea butter dan bahan pelembab lainnya. 

Untuk hasil yang maksimal maka masker bisa digunakan sebanyak tiga kali dalam satu pekan. Tapi pastikan bahwa masker yang dibeli sesuai dengan tipe kulit. 

Gunakan Tabir Surya

Sumber: SehatQ

Dengan rajin menggunakan tabir Surya maka kulit akan aman dari paparan sinar matahari, selama tidak berada sangat lama di cuaca panas. Manfaat dari penggunaan tabir surya juga bisa mencegah kulit menjadi kasar, bintik-bintik penuaan, juga kulit kusam. 

Tapi jika tidak digunakan tidak merata maka wajah malah akan menjadi kusam setelahnya. Karena bagian kulit yang tidak tertutup tabir surya akan terpapar sinar matahari terus-menerus.

Pakai Scrub yang Lembut

Sumber: Kumparan

Untuk menghindari kulit kusam, maka disarankan menggunakan scrub yang lembut. Sebisa mungkin hindari penggunaan dari scrub yang keras dan bisa membuat wajah kering. 

Scrub yang kasar bisa menyebabkan iritasi kulit, kemerahan, robekan kecil, kulit terkelupas, juga sesak. Jadi hindari produk scrub yang kasar.

Seperti yang sudah diuraikan di atas tentang ciri-ciri kulit kusam  dan cara mengatasi kulit kusam, diharapkan Anda bisa mulai mencoba untuk mengikutinya. Menjaga kulit tetap sehat adalah hal penting demi menunjang kegiatan sehari-hari. 

Baca juga: Rekomendasi Film Mitologi Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *