5 Tradisi Perayaan Lebaran Idul Fitri Unik di Dunia

5 Tradisi Perayaan Lebaran Idul Fitri Unik di Dunia, Simak Selengkapnya di Sini!

Sumber: Bola.com

Lebaran Idul Fitri seringkali menjadi hari raya yang paling ditunggu umat muslim di seluruh dunia. Lebaran idul fitri dirayakan setelah kita melalui satu bulan penuh ramadhan, dimana menjadi hari kemenangan bagi umat muslim. Perayaan hari raya idul fitri sendiri memiliki tradisi yang berbeda-beda setiap negara, karena dipengaruhi juga oleh budaya pada wilayah tersebut. Nah berikut ini ada 5 tradisi lebaran idul fitri yang unik di dunia:

1. Turki

Sumber: Bertuah Post

Di Turki, perayaan lebaran idul fitri disebut juga dengan Ramazam Bayram. Tradisi yang biasa dilakukan oleh warga muslim di Turki ialah mengenakan baju khas yang disebut Bayramlik. Lalu warga muslim di Turki juga biasa berkeliling untuk sungkeman dan membagikan manisan ke lingkungan disekitarnya.

2. Mesir

Sumber: Detik.com

Jika biasanya idul fitri dirayakan hanya selama dua hari, ini tidak berlaku di Mesir. Warga muslim di Mesir biasanya merayakan lebaran selama 4 hari berturut-turut. Warga muslim biasanya menggelar acara halal bi halal dan makar bersama dengan keluarga dan kerabat dekat.

Baca juga: Doa Saat Berziarah Ke Makam

3. Malaysia

Sumber: Blog Qelola

Seperti halnya di Indonesia, tradisi lebaran yang dilakukan oleh warga muslim di Malaysia juga tidak jauh berbeda yaitu melakukan mudik atau disebut dengan ‘balik kampung’. Selain itu warga muslim di Malaysia juga bersilaturahmi dengan keluarga atau orang terdekat. Memberi uang pada anak-anak juga dilakukan oleh warga muslim di Malaysia loh.

4. China

Sumber: Kuyou.id

Untuk warga muslim di China, saat lebaran biasanya melakukan ziarah ke makam para leluhur keluarga sebagai bentuk penghormatan. Selain itu sama dengan perayaan lebaran pada umumnya, warga muslim di China akan berkumpul untuk makan bersama dan bersilaturahmi setelahnya.

5. Indonesia

Sumber: Znews.id

Sebagai salah satu negara dengan warga muslim terbanyak di dunia, tentu perayaan lebaran Idul Fitri di Indonesia sangat disambut dan dirayakan secara meriah. Tradisi yang dilakukan di Indonesia biasanya adalah mudik, sungkeman, berziarah ke makam, sampai dengan membagikan uang bagi anak-anak kecil.

Nah itu dia beberapa tradisi unik yang dilakukan di beberapa negara dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *