Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank yang Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank yang Benar, Simak di Sini!

Sumber: Money Kompas.com

Mencari pekerjaan saat ini bukanlah hal yang mudah. Namun bukan berarti kamu harus menyerah tanpa pernah berjuang. Penting untuk kamu mempunyai cita-cita yang menjadi tujuan kamu. Seperti, ketika kamu lulus sekolah atau kuliah, kemudian kamu berminat untuk bekerja di Bank. Di Indonesia ada banyak jenis Bank yaitu Bank BRI, Bank Mandiri, Bank Syariah, Bank BCA dan lain sebagainya. 

Proses rekrutmen karyawan Bank biasanya dilakukan secara online, melalui situs resmi dengan mengisi form lamaran kerja yang sesuai dengan diri kamu. Namun, alangkah lebih baik apabila kamu tetap mempelajari bagaimana membuat surat lamaran kerja secara manual (ditulis tangan) dan diketik. Hal ini dikarenakan terdapat pula Bank yang rekrutmen karyawan nya tidak secara online. Hal-hal yang harus diperhatikan:

Persyaratan Yang Dibutuhkan

Sumber: Detikcom

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat akan melamar pekerjaan di Bank adalah persyaratan yang harus dilampirkan nanti untu pemberkasan. Baca dan catat dengan baik persyaratan yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan. Hal ini sangat penting karena supaya surat lamaran pekerjaan yang kamu buat sesuai dengan konteks dalam lowongan pekerjaan. Persyaratan yang dilampirkan dalam surat lamaran kerja di bank seperti fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisir, fotokopi transkip nilai, pasfoto ukuran 3×4, foto satu badan, surat keterangan sehat, surat keterangan bebas narkoba, fotokopi SKCK, fotokopi KTP, dan fotokopi NPWP.

Baca juga: 9 Ide Hampers Lebaran Unik untuk Keluarga dan Sahabat

Penulisan Surat Lamaran

Sumber: Liputan6.com

Surat lamaran pekerjaan ditulis dengan menggunakan bahasa indonesia formal, yang sesuai dengan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Gunakan kata-kata yang singkat, padat,  jelas dan sopan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mencantumkan hal-hal yang tidak terlalu penting sehingga terkesan bertele-tele dan tidak jelas.

Pada bagian kepala surat, kamu perlu menuliskan dengan jelas kepada siapa surat lamaran kerja ditujukkan. Gunakan paragraf pembuka dan penutup yang baik. Buat juga paragraf yang bersifat persuasif yang bisa mempromosikan diri kamu,menggunakan bahasa yang jelas dan ringkas sehingga dapat menarik HRD. Kemudian sampaikan juga rasa antusias kamu untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Statistik

Sumber: Pintek

Jika kamu ingin mendapat nilai lebih dalam surat lamaran kerja yang kamu buat, dalam argumen yang kamu buat dengan mencantumkan poin statistik sesuai riset. Misalnya jika kamu ingin menyebutkan kemampuan berbahasa Tionghoa yang menjadi salah satu kemampuanmu sangat dibutuhkan. Kamu dapat menuliskan berapa banyak perusahaan yang bekerja sama dengan pihak dari Mandarin dan memerlukan staf dengan kemampuan tersebut. Sehingga kamu dapat meyakinkan perusahaan tujuan kamu.

Teliti

Sumber: Fimela.com

Tidak sedikit seorang pekerja akan mengirimkan lamarannya kepada beberapa instansi yang membuka lowongan pekerjaan. Namun mereka sering kali tidak memperhatikan surat lamaran yang mereka kirimkan. Sehingga mengirimkan surat lamaran ke lebih satu instansi atau perusahaan sekaligus. Tanpa disadari, jika kamu melakukan al tersebut berarti kamu ceroboh dengan melakukan copy paste pada semua tulisan lamaran pekerjaan. Sehingga nama perusahaan serta jenis profesi yang dilamar kamu tidak sesuai dengan lowongan pekerjaan.

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA DI BANK

Dalam surat lamaran kerja di bank, dibuat seperti surat lamaran kerja pada umumnya. Dan yang membedakanya adalah bagaimana cara kamu dalam menyusun kata sehingga menjadi suatu kalimat yang menarik untuk dibaca oleh HRD. 

Tasikmalaya, 25 Juli 2021

Hal : Lamaran Pekerjaan

Lampiran : Satu Berkas

Yth.

Bapak/Ibu Manager Personalia

Bank BRI Syariah

Jalan Raya Timur Nomor 6 Singaparna

Dengan hormat, 

Sehubungan dengan informasi lowongan yang saya dapatkan dari media sosial (Instagram) pada tanggal 23 Juli 2021, perusahaan Bapak/Ibu sedang membuka lowongan pekerjaan. Maka dari itu, saya bermaksud mengajukan lamaran di perusahaan Bapak/Ibu sebagai Staf Administrasi. Berikut adalah data diri singkat saya:

Nama : Sakura, S.E

Tempat Tanggal Lahir : Tasikmalaya, 11 Desember 1998

No.Hp & E-mail : 0815-6663-9807 – sakura98@gmail.com

Pendidikan Terakhir : S1 Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi

Alamat Domisili : Jalan Cipondok No.10 Tasikmalaya

Bersamaan dengan surat ini saya lampirkan berkas-berkas kelengkapan data:

  1. Fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisir

  2. Fotokopi transkip nilai

  3. Pasfoto ukuran 3×4

  4. Foto satu badan

  5. Surat keterangan sehat

  6. Surat keterangan bebas narkoba

  7. Fotokopi SKCK

  8. Fotokopi KTP

  9. Fotokopi NPWP

Sebagai bahan pertimbangan berikutnya, saya adalah orang yang repronsif dalam mengambil keputusan serta mampu mengelola waktu berdasarkan skala prioritas tertinggi. Saya yakin dapat menjadi bagian untuk mengoptimalkan kinerja dari instansi yang Bapak/Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan, besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Sakura. S.E

Selain itu, jika surat lamaran yang kamu buat sudah selesai, kamu harus membacanya kembali. Setelah dipastikan bahwa surat lamaran yang kamu buat sudah baik dan benar maka boleh dikirimkan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *