Indonesia Memiliki Kapal Induk, Fakta Atau Hoax?

Indonesia Memiliki Kapal Induk, Fakta Atau Hoax? Yuk Cek Kebenarannya di Sini!

Sumber: CNBC Indonesia

Apakah Indonesia punya kapal selam? Pertanyaan tersebut sedang menjadi perbincangan hangat dikalangan masyarakat setelah beredar sebuah video di Youtube yang menggunakan thumbnail gambar kapal induk berbendera Indonesia. 

Alhasil, video tersebut membuat seakan-akan militer Indonesia mempunyai kapal induk sehingga banyak orang yang penasaran ingin menontonnya. Padahal, materi isi videonya merupakan sebuah diskusi tentang perlu atau tidaknya militer Indonesia memiliki kapal induk. 

Video tersebut berdurasi 8 menit 9 detik yang sudah ditonton sebanyak lebih dari 200 ribu kali dengan judul “Tak Disangka! Kapal Induk Indonesia yang Dirahasiakan”. Sampai sekarang pun militer Indonesia tidak memiliki kapal induk. 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena Indonesia bukan tipe negara agresor. Adapun mengenai beberapa negara yang memiliki kapal induk tercanggih di dunia seperti berikut:

3 Negara Dengan Kapal Induk Tercanggih di Dunia

1. Amerika Serikat

Sumber: SindoNews

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa Amerika Serikat menempati urutan pertama sebagai militer terkuat di dunia. Disamping jumlah pesonelnya yang sangat banyak, peralatan tempur militer negeri Paman Sam ini juga sangat canggih dan lengkap lho. 

Begitu pun dengan kekuatan armada angkatan lautnya yang mengerikan. Pasalnya, Amerika Serikat mempunyai beberapa kapal induk yang dilengkapi dengan peralatan canggih. Salah satu kapal induk milik AS yang paling terkenal bernama Gerald R. Ford Class. 

Kapal induk tersebut mempunyai ukuran panjang sekitar 337 meter serta kecepatannya yang mencapai 30 knot. Menurut kabar yang beredar, biaya pembuatan kapal Gerald R. Ford Class ini menghabiskan dana sebesar USD12,99 miliar atau setara Rp 184,1 triliun. 

Angkatan laut AS juga memiliki kapal induk canggih lainnya bernama Nimitz Class, yang merupakan generasi pertama sebelum Gerald R. Ford Class. Kapal induk yang berbobot 97 ribu ton ini dapat menampung 60 unit jet tempur dan 4000 kru. 

Adapun mengenai ukuran panjang Nimitz Class yang mencapai 332,8 meter, sedangkan kecepatan lajunya mencapai 31,5 knot. 

Baca juga: 5 Stik Golf Termahal di Dunia

2. Russia

Sumber: Tribun

Ini dia salah satu negara yang memang selalu menjadi saingan terberat bagi Amerika Serikat dalam segala bidang. Begitu juga dalam urusan militer, yang mana Russia menempati urutan kedua sebagai militer terkuat di dunia. 

Kapal induk milik angkatan laut Russia bernama Admiral Kuznestov yang mempunyai ukuran panjang 305 meter dan luas dek sebesar 3,6 hektare, sedangkan bobotnya mencapai 67 ribu ton. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, Admiral Kuznestov mampu menampung 6 pesawat terbang dengan ukuran besar sekaligus 25.000 kru didalamnya. 

Tak hanya sampai disitu, Admiral Kuznestov juga telah dibekali dengan senjata perlindungan super canggih, kapal selam, hingga jet tempur pada setiap sisinya. Melihat spesifikasinya yang sedemikian rupa, tentu saja Admiral Kuznestov merupakan predator berbahaya di lautan. 

3. China

Sumber: CNN Indonesia

China merupakan sekutu utama Russia yang bekerjasama untuk menyaingi dominasi AS dan sekutunya dalam berbagai aspek, termasuk urusan militer. China memiliki kapal induk bernama Liaoning dengan ukuran panjang 304,5 meter dan berkecepatan 32 knot. 

Akan tetapi, pada awalnya Liaoning adalah kapal penjelajah milik Uni Soviet yang proses pembuatannya belum selesai. Ketika Uni Soviet terpecah, produksi kapal tersebut semakin terbengkalai sehingga dibeli oleh pihak China untuk diteruskan. 

Hingga akhirnya menjadi sebuah kapal induk bernama Liaoning yang mampu menampung sebanyak 50 pesawat tempur termasuk jet, helikopter dan puluhan ribu kru didalamnya. 

Baca juga: Gunung Paling Tinggi di Indonesia yang Wajib Kamu Daki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *