Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Baik

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Baik, Simak di Sini!

Sumber: DetikFinance

Ada salah satu bagian penting yang selalu dibutuhkan saat kamu hendak melamar pekerjaan di perusahaan, yaitu surat lamaran kerja. Kamu tidak boleh anggap sepele surat ini, karena kebanyakan perusahaan menerima karyawan baru melalui kecocokan dari surat lamaran pekerjaan yang disampaikan. 
Surat lamaran kerja akan membantu perekrut untuk mengenal kamu selain melalui VC, untuk menyesuaikan keahlian kamu dengan lowongan pekerjaan yang tersedia. Surat lamaran kerja banyak ditulis dalam bahasa Inggris, terutama jika kamu melamar ke perusahaan berskala internasional atau memang mensyaratkan penggunaan bahasa Inggris sebagai pengantar. 
Dalam bahasa Inggris, surat ini memiliki istilah Cover Letter. Pernahkan kamu mendengar istilah tersebut? Sama halnya dengan surat lamaran kerja, fungsi cover letter adalah sebagai surat pengantar saat melamar pekerjaan. 
Nah, jika kamu akan membuat surat lamaran kerja Bahasa Inggris, terdapat beberapa tips yang perlu diikuti agar kamu bisa menulis dengan baik. Simak satu per satu tips dibawah ini untuk diterapkan dalam surat lamaran kerja Bahasa Inggris kamu !

Menuliskan Identitas Dan Alamat Kantor Perekrut

Sumber: Pinhome

Baik melamar secara langsung datang ke kantor maupun melalui email, bagian ini cukup penting meskipun memang sering terabaikan. 
Di pojok atas sebelah kiri surat lamaran, tulis rincian antara lain tanggal surat, nama pertama dan terakhir dari perekrut, alamat kantor perekrut, serta nomor telepon (jika diketahui). 

Menuliskan Paragraf Pembuka Yang Jelas Serta Jelas Maksud Dan Tujuannya

Sumber: Contoh Surat

Saat mulai membuat paragraf pertama, awali dengan menuliskan kalimat yang informatif dan perkenalkan langsung tentang identitasmu, disertai dengan detail berikut pada kalimat awal yaitu :
Posisi pekerjaan yang dilamar
Nama perusahaan yang dilamar
Bagaimana kamu menemukan lowongan tersebut (apakah dari media sosial, Linkedln, atau media lainnya). 
Tunjukkan antusiasme, coba jelaskan bahwa kamu sudah siap untuk menjalankan proses perekrutan dan sesuai dengan kriteria kandidat yang diinginkan.

Menuliskan Isi Paragraf Yang Informatif Dan Relevan 

Sumber: Dunia Karyawan

Kemudian, tulislah isi dari surat lamaran kamu. Pada bagian ini, yang terpenting adalah bagaimana argument kamu untuk bisa meyakinkan perekrut bahwa kamu adalah orang yang tepat. Jelaskan pengalaman, skill, serta pencapaian – pencapaian kamu yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. 
Berikan poin – poin plus dalam satu atau dua paragraph yang berusaha kamu tonjolkan dari dirimu sehingga perekrut bisa lebih mudah melihat potensi diri kamu yang dibutuhkan untuk posisi pekerjaan. 

Mengakhiri Paragraf Dengan Penutup Yang Singkat Dan “Mengena”

Sumber: Cari-kos.com

Saat menulis paragraf penutup, coba tunjukkan kesan bahwa kamu orang yang sopan, percaya diri, serta menggambarkan kamu sebagai kandidat terbaik yang layak dipilih. 
Pastikan kamu menulis paragraf penutup dengan kalimat yang menarik serta mendukung tujuanmu. Tipsnya yaitu : 
Mengucapkan terima kasih kepada rekruter karena sudah memproses lamaran. 
Menjelaskan secara singkat alasan kenapa kamu kandidat terbaik untuk dipilih.
Singgung kembali tentang antusiasme diri kamu agar dipilih. 
Ungkapkan secara sopan bahwa kamu menunggu perekrut untuk mengundang wawancara kerja atau interview. 

Memeriksa Kembali Surat Lamaran Kerja

Sumber: Jobstreet

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja Bahasa Inggris, hal terpenting yang perlu dilakukan adalah memeriksa kembali suratmu. Baca kembali beberapa kali hingga kamu benar – benar sudah yakin tidak ada detail yang salah atau salah ketik. 
Pastikan kamu sudah menulis semua informasi dengan benar seperti posisi pekerjaan yang dilamar, nama perekrut dan perusahaan, serta alamat dan juga detail kontak kamu untuk dihubungi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *