Ketahui Cara Ampuh Mengusir Tokek Dalam Rumah

Ketahui Cara Ampuh Mengusir Tokek Dalam Rumah, Simak di Sini!

Sumber: Sonora.id

Pernahkah Anda terganggu dengan suara tokek yang ada di dalam rumah? Tokek menyerupai cicak yang bisa saja tiba-tiba ada di dalam rumah Anda. Namun ukurannya yang lebih besar membuat siapa yang melihatnya akan ngeri. Belum lagi suaranya yang nyaring cukup mengganggu. Lantas bagaimana cara mengusirnya? Tenang karena sebenarnya ada beberapa cara ampuh untuk mengusir binatang melata ini.

Mengusir tokek, ternyata dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan yang mudah didapatkan di rumah. Berikut cara mengusir tokek yang ada di dalam rumah yang bisa dicoba:

Menggunakan ampas kopi

Sumber: Otten Kopi

Jika Anda peminum kopi, Anda bisa memanfaatkan ampasnya untuk mengusir tokek. Sebab selain dapat menghilangkan rasa kantung, kafein dalam kopi juga dapat mengusir tokek. Caranya cukup mudah, tinggal bentuk bulatan dari ampas kopi bekas lalu letakkan pada sudut-sudut sarang atau tempat yang biasa didatangi tokek. Ampas kopi juga bisa membuat tokek mati jika dicampur dengan bubuk tembakau dan dimakan tokek.

Cangkang kulit telur

Sumber: Jogjaaja.com

Jangan buang cangkang kulit telur ayam di dapur Anda, sebab cangkang telur dapat dimanfaatkan untuk mengusir tokek bandel. Karena tokek tidak suka aroma amis pada cangkang telur. Caranya, cukup letakkan cangkang di area sarang atau yang sering dilalui tokek, ganti tiap dua hari sekali hingga tokek pergi. 

Baca juga: 5 Perusahaan Internasional yang Ada di Indonesia

Buat larutan lada dan merica

Sumber: Sajian Sedap

Bagi yang suka memasak pasti tahu bahwa aroma lada atau merica kerap mengganggu ketika terhirup, tidak jarang menyebabkan bersin-bersin dan kepedasan. Hal yang sama dirasakan tokek, hewan melata ini akan terganggu jika menghirup bahan tersebut. Maka untuk mengusirnya cobalah buat larutan lada dan merica lalu semprotkan ke area tempat tokek bersarang.

Bawang

Sumber: Wikipedia

Cara mengusir tokek berikutnya bisa dengan menggunakan bawang. Seperti halnya pada manusia, aroma menyengat bawang dapat membuat mata tokek menjadi panas dan perih. Maka dengan cara mengiris tipis bawang, kemudian menaruhnya ke area sarang tokek. Bisa juga membuat larutan bawang lalu menyimpannya dalam botol semprot untuk disemprot ke area sarang tokek. Akan lebih baik jika bisa disemprotkan langsung pada tokek.

Kapur barus

Sumber: Kompas.com

Kapur barus kerap digunakan di lemari pakaian untuk menghindarkan pakaian dari ngengat dan aneka jenis serangga. Sebab aroma kapur barus yang menyengat, sangat tidak disukai serangga begitu pula dengan hewan melata. Meskipun tidak dapat membuat tokek mati, namun aroma kapur barus dapat mengusir tokek dari rumah Anda. Cukup taburkan kapur barus bertekstur lembut atau letakkan saja kapur barus di tempat-tempat yang sering dilalui tokek, pasti hewan melata ini tidak akan betah lagi di rumah Anda.

Itu dia cara ampuh mengusir tokek yang ternyata dapat menggunakan bahan-bahan sederhana yang sudah pasti ada di rumah. Dari pada membeli bahan kimia berbahaya untuk membunuh binatang melata ini, lebih aman mengusirnya dengan cara di atas.

Anda dapat mencoba salah satu cara yang dirasa paling mudah dan aman dilakukan. Pastikan tidak berhenti melakukannya satu kali, sebab mungkin bahan yang Anda letakkan belum berada di area tokek sehingga belum cukup mengganggu. Menjaga kebersihan setiap sudut rumah adalah cara terbaik agar rumah tidak diganggu tokek dan aneka serangga. Karena binatang-binatang tersebut cenderung mendatangi sumber makanan. Terutama adanya sisa-sisa makanan yang mengundang serangga, dan serangga merupakan makanan bagi tokek.

Baca juga: Perbedaan Bank Konvensional dan Syariah

Sumber: https://beritanakmuda.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *