Jam Market Saham Di Indonesia yang Perlu Diketahui Pemula

Jam Market Saham Di Indonesia yang Perlu Diketahui Pemula

Apakah sekarang kamu sudah mulai tertarik dengan investasi saham? Bermain saham saat ini tidak hanya sekedar hobi yang menguntungkan, namun banyak juga orang yang menjadikan bermain saham sebagai pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

Saat kamu memutuskan untuk mulai masuk ke dunia investasi saham, ada dua pilihan untukmu yaitu apakah kamu akan menjadi investor atau trader? Apapun itu tujuan kamu berinvestasi saham, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa hal dasar dalam bermain saham, termasuk jam market saham. 

Sebagai pemula, kamu tentu penasaran kan dengan jam market saham 2021 – 2022 di Indonesia? Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jam market saham, simak penjelasan berikut ini !

Terdapat tiga jenis pasar saham yang harus kamu ketahui dan pahami yaitu pasar reguler, pasar tunai, pasar negosiasi. Berikut penjelasan jam market saham di Indonesia yang perlu diketahui pemula.

  1. Jam Market Saham Reguler

Secara umum, jam perdagangan pasar reguler dimulai dari pukul 09.00 hingga 11.30 WIB, kemudian dilanjutkan pada pukul 13.30 hingga 14.49 WIB. Pada hari Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional, tidak ada perdagangan saham di bursa. Waktu ini pun berlaku bagi jam perdagangan di berbagai platform saham resmi. 

Di pasar reguler, terdapat beberapa sesi yang digunakan yakni pra-pembukaan, pra-penutupan, dan pasca penutupan. 

  1. Jam Market Saham Tunai

Jam bursa saham di pasar tunai berlangsung mulai dari pukul 09.00 hingga 11.30 dari Senin hingga Jumat. Pasar tunai hanya menggunakan satu sesi transaksi. Jadi, kamu tidak akan menemukan sesi dua jika melakukan perdagangan saham di pasar ini.

  1. Jam Market Saham Negosiasi 

Pasar negosiasi dikhususkan bagi transaksi yang bersifat pribadi yang memungkinkan pihak penawar dan pembeli melakukan negosiasi atau tawar menawar. Dari namanya saja sudah terlihat bahwa di pasar ini terjadi negosiasi tanpa bursa sebagai perantara. 

Pasar negosiasi menggunakan dua sesi yaitu sesi pertama buka dari hari Senin hingga Jumat mulai pukul 9 hingga 11.30, dan sesi dua mulai pukul 13.30 hingga 15.30 dari hari Senin hingga Jumat. 

  1. Jam Market Saham Derivatif – Kontrak Berjangka 

Jam perdagangan derivatif kontrak berjangka dilakukan dalam dua sesi. Sesi pertama berlangsung mulai pukul 08.45 hingga 11.30, dan sesi kedua berlangsung mulai pukul 13.30 hingga 15.15 waktu JATS (Jakarta Automated Trading System) yang beroperasional dari Senin hingga Jumat. 

Sebagai informasi, transaksi jual-beli dari seri kontrak yang jatuh tempo berakhir pada sesi dua pukul 15.00 JATS. 

  1. Jam Market Saham Derivatif – Kontrak Opsi

Jam transaksi saham derivatif kontrak opsi juga dilakukan dalam dua sesi. Sesi pertama berlangsung dari pukul 09:30 hingga 11:30 waktu JOTS. Dan sesi kedua dilakukan mulai pukul 13.30 hingga 15.30 waktu JOTS. Kedua sesi jam market saham tersebut buka dari hari Senin hingga Jumat. 

Sebagai informasi yang harus diingat bahwa perdagangan seri kontrak yang jatuh tempo berakhir pada sesi dua pukul 15.00 JOTS. JOTS sendiri adalah singkatan dari Jakarta Option Trading System. JOTS memiliki fungsi khusus untuk perdagangan opsi saham. 

  1. Jam Market Saham Bersifat Utang Dan Sukuk Melalui FITS

Perdagangan efek yang bersifat utang dan sukuk melalui FITS dilakukan mulai Senin hingga Jumat. Dilakukan dalam dua sesi yaitu sesi pertama mulai pukul 09.00 hingga 11.30 waktu FITS, dan sesi dua berlangsung mulai dari pukul 13.30 hingga 15.00 waktu FITS. 

FITS sendiri singkatan dari Fixed Income Trading System, sarana perdagangan obligasi dan sukuk yang disediakan BEI. 

  1. Jam Market Saham Bersifat Utang Dan Sukuk Melalui Sistem Penyelenggara Pasar Alternatif (SPPA)

Perdagangan efek yang bersifat utang dan sukuk melalui Sistem Penyelenggaran Pasar Alternatif (SPPA) dilakukan mulai Senin hingga Jumat dari pukul 09.00 hingga 15.00 waktu SPPA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *